Selamat datang di Blog GenJo SMA Trimurti

Senin, 10 Oktober 2011

Budaya Sansivera..???SIAPA TAKUT..???

Sansivera merupakan icon SMA Trimurti karena letak sekolah kami yang berada ditengah-tengah kota yang rentan akan pencemaran udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor yang berlalu lalang didepan sekolah kami. Pembibitan ini dilakukan dilahan sempit sekolah kami tepat di belakangnya kelas XI IPS 1 dan XI IPA 5. Budidaya ini berkala sejak tahun 2009 dan tiap 3 bulan sekali dilakukan pembibitan baru.
Tanaman yang mudah di budidayakan, tahan hidup pada kondisi kering, atas dasar itu tim lingkungan SMA Trimurti Surabaya membudidayakannya. Sansivera dapat dibudidayakan dengan cara stek daun, dalam bentuk lurus, serong kanan/kiri, dan bentuk V. Bentuk-bentukitu dimulai dari kita mengambil 1 bagian daun sansivera yang tua. Kemudian, kita potong-potong dari berbagai bentuk tersebut, setelah itu kita siapkan media tanam dari gelas bekas yang bawahnya kita lubangi agar sirkulasi air berjalandengan baik. Setelah gelas dilubangi, diatasnya dieri kerikil kemudian tanah dan pupuk. Setelah media tanam siap, sansivera siap di tanam/ di tancapkan ke media tanam.
Sansivera yang sudah ditancapkan setiap 3 hari sekali kami siram, sehingga muncul tunas baru di sampingnya yang menjadi individu baru. Setiap 3 bulan dipindahkan individu baru tersebut ke pot yang lebih besar.
Dengan budidaya sansivera, maka jumlah sansivera disekolah kami akan bertambah jumlahnya untuk menyerap polutan. Menurut penelitian, sansivera (lidah mertua) dapat menyerap 20.710 mgr benzena/24jam.
TOP  banget kan……Bayangin kalau kita punya beribu-ribu sansivera disekolah.
mengadakan sansivera..????siapa takuttt…?????

0 komentar:

Posting Komentar