Selamat datang di Blog GenJo SMA Trimurti

Senin, 10 Oktober 2011

Daur Ulang Kertas


Pengguntingan Kertas Bekas








Tumpukan kertas bekas bukanlah hal yang asing di lingkungan sekolah, baik di perpustakaan, ruang guru, ruang tata usaha, bahkan di laboratorium IPA. Tumpukan kertas itu bersumbangsih merusak pemandangan mata selain berdebu, kusam, dan juga menyita tempat.

Atas dasar itu, tim lingkungan Genjo SMA Trimurti Surabaya melakukan daur ulang kertas tiap bulan sekali. Mereka bersemangat mendaur ulang kertas yang mayoritas adalah kertas koran. Nah, di sini bedanya kalau awal bulan PNS gajian, Tim Genjo SMA Trimurti Surabaya berceloteh saat PNS gajian, tetapi tetap semangat demi menjaga kebersihan lingkungan.

Adapun prosedur pelaksanaan daur ulang kertas yaitu pertama tama kertas yang akan didaur ulang d rendam dengan air selama semalaman, koran yang direndam dalam kondisi telah dipotong kecil-kecil. Setelah direndam kertas koran diblender sampai menjadi bubur kertas, bubur kertas ini kemudian di taruh di bak besar dan di saring menggunakan kasa screen. Setelah bubur kertas tersaring pada kasa screen, kemudian dipres di atas triplek dan air yang masih ada di atas kasa screen diserap menggunakan spons. Jika air dirasa sudah terserap semua, kasa screen diambil sehingga didapatkan kertas baru yang siap dijemur. Kertas ini dijemur sampai kering, selanjutnya bisa dipanen dengan cara di kelupas.
Proses Penjemur
Dengan daur ulang kertas ini selain mengurangi timbunan sampah juga dapat meningkatkan kreativitas kami "Tim Genjo SMA Trimurti Surabaya" serta dapat menghasilkan uang untuk kas lingkungan. Kertas daur ulang ini banyak diminati oleh siswa-siswa kelas X untuk dijadikan bahan pelajaran seni rupa dan bahan pembuatan mading sekolah.

Salam Environment !



monggo fotonya bisa dilihat di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.158168600944301.37015.148695585224936&type=
1

0 komentar:

Posting Komentar