Selamat datang di Blog GenJo SMA Trimurti

Rabu, 26 Oktober 2011

Pengolahan Tanaman TOGA bersama Mam Firda


Mempunyai tanaman TOGA di sekolah apa guna kalau tidak di kembangkan. iyaaa kan..????:)
maka dari itu Tim Genjo SMA Trimurti berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi hal yang berguna.
selasa, 25 oktober 2011 tim TOGA dari Genjo setelah menanam beberapa tanaman TOGA, mereka mencoba membuat jamu instan dan sinom di lorong lingkungan yang di dampingi oleh salah satu guru SMA Trimurti yang pandai mengolah ramuan jamu dari rempah-rempah, sebut saja Mam Firda.

kegiatan mengolah tanaman TOGA kami lakukan agar tanaman TOGA yang ada di SMA Trimurti tidak cuma sebagai media pembelajaran tetapi dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna atau yang menghasilkan. apa guna jika terus-menerus mengolahnya tanpa tujuan, maka dari itu kami memiliki rencana untuk menjual jamu instan ataupun sinom tersebut tetapi didalam lingkup sekolah terlebih dahulu dan hasilnya kita gunakan sebagai kas tim GenJo sebagai modal yang akan berputar untuk mengembangkan lagi kondisi lingkungan trimurti agar semakin ASRI.

Jamu instan sangat gampang membuatnya, dengan memilih salah satu jenis rempah-rempah misalkan jahe. jahe tersebut di kupas lalu diparut, beri air dikit dan disaring. setelah disaring beri air lagi, masukkan gula dan dipanaskan hingga menjadi karamel. jika sudah menjadi karamel, tumbuk karamel tersebut hingga halus.
jamu instan siap disajikan.. :)

untuk sinom, di buat dari bahan temulawak, kunir, asam jawa, daun tulas dan juga gula.....hal yang pertama dilakukan ialah mengiris kunir tipis-tipis, larutkan asam jawa. rebus asam jawa dan kunir tadi dalam 1 panci, lalu masukkan daun tulas dan beri gula. tunggu hingga mendidih, lalu matikan api. saring terlebih dahulu lalu tunggu hingga dingin. dan sinom siap disajikan... :) lebih enak bila disajikan dingin-dingin


untuk foto-fotonya bisa dilihat di situs: http://www.facebook.com/media/set/?set=a.164939170267244.38913.148695585224936&type=
1

0 komentar:

Posting Komentar