Selamat datang di Blog GenJo SMA Trimurti

Rabu, 30 November 2011

SMAN 10 Malang jalin kerjasama dengan SMA Trimurti dalam pengelolaan limbah cair sekolah


            "Preserving the environment, is not complete without the cooperation...." yah ungkapan itu memang benar adanya. Upaya pelestarian lingkungan tidak akan berhasil tanpa melibatkan pihak-pihak terkait yang dapat mendukung program-program lingkungan. Pagi ini (30/11) sekitar pukul 09.00 WIB rombongan kepala sekolah SMAN 10 Malang the Sampoerna International Boarding school tiba dibumi Trimurti Surabaya. "Adapun maksud dan tujuan rombongan tersebut ke SMA Trimurti tak lain dan tak bukan guna menjalin kerjasama mengenai pengelolaan limbah cair yang dihasilkan oleh sekolah serta asrama dari SMAN 10 Malang" tegas Mudjiono, selaku Kepala sekolah SMA Trimurti Surabaya.
Melihat IPAL yg ada di depan kantin
SMA Trimurti
            Rombongan SMAN 10 Malang yang datang terdiri dari ibu kepala sekolah, 4 guru pengajar bidang studi biologi, 3 guru pengajar bidang studi kimia serta 6 orang dari akademy sampoerna. Mereka sangat antusias dan berharap banyak dapat menimba ilmu serta informasi mengenai IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) SMATRIM.Rombongan ini, disambut oleh kepala SMA Trimurti di ruang multimedia.
            SMAN 10 Malang merupakan sekolah Adiwiyata Nasional dan juga sekolah binaan dari PT.Sampoerna, tbk. yang banyak memiliki program-program berkaitan dengan peningkatan kualitas lingkungan. Salah satu program yang belum berhasil yaitu pengelolaan limbah cair sekolah. Oleh sebab itu beberapa waktu ini mereka sering kali melakukan kunjungan ke instansi-instansi yang sekiranya dapat memberikan informasi serta wawasan mengenai program-program lingkungan. "Yah.........kita mencoba keluar kandang, kalo ingin sebuah mahakarya lingkungan, meski rasanya sulit untuk mendapatkan perijinan dari instansi, tegas Niken, selaku Kepala sekolah SMAN 10 Malang saat bersalaman dengan dewan guru SMA Trimurti.
Mengajarkan Beberapa Cara Mendaur Ulang
Kertas  Manjadi Barang Berguna
            Acara penyambutan tamu dari SMAN 10 Malang ini, diawali dengan acara perkenalan rombongan dari masing-masing instansi, selanjutnya sambutan dari Kepala sekolah SMATRIM mengawali yang kemudian disusul oleh sambutan kepala sekolah SMAN 10 Malang. Selesai acara sambutan, Ita Nuriati sebagai pembina lingkungan hidup memberikan paparan mengenai IPAL sekolah. "Waduh kayak ujian skripsi waktu di bangku kuliah saya, masak saya satu orang, sedangkan pihak SMAN 10 Malang mengajukan pertanyaan sekitar 15 pertanyaan, tandas ita sambil berwajah penuh semangat. Ita agak mengeluh dalam menjawab 15 pertanyaan, pasalnya guru lingkungan yang serekan dengan ita yang paham betul mengenai IPAL sekolah sudah purna tugas dan pindah tempat tinggal ke Jakarta. Sedangkan kepala sekolah yang baru tidak begitu paham dengan sistem kerja serta pengelolaan bangunan dari IPAL sekolah. "Yaaaah tapi ndak apa-apa, yang penting meraka puas dan merasa mendapatkan wawsan dengan jawaban yang saya ajukan, tambah ita nuriati yang saat itu sedang bercengkerama dengan anggota GenJo (Tim lingkungan Generasi Ijo, SMATRIM). Setelah pemaparan IPAL oleh ita, rombongan SMAN 10 Malang melakukan survey lapangan ke tempat IPAL SMATRIM yang dibangun didepannya kantin sekolah. Rombongan SMAN 10 Malang ini melakukan uji kualitas air IPAL dengan menggunakan pH universal, larutan buffer serta peralatan water monitoring kit. Selesai uji kualitas air IPAL, rombongan SMAN 10 Malang belajar pengelolaan sampah kering kepada tim Gen Jo SMATRIM. Rombongan SMAN 10 Malang belajar menganyam plastik, melakukan daur ulang botol plastik, daur ulang origami serta pemanfaatan sampah kering lainnya. Para tim Gen Jo sangat antusias sekali dalam melakukan pembelajaran menganyam bungkus plastic. “rombongan SMAN 10 malang itu ambisi banget dalam membuat origami, tegas Gian sebagai tim GenJo yang mengajari tim SMAN 10 Malang dengan telaten. Rombongan ini berpamitan dari SMA trimurti tepat pukul 12.15 WIB dan berharap mereka dapat mengaplikasikan IPAL sekolah SMATRIM di instansinya.
                Kawan, mari kita lestarikan lingkungan semaksimal mungkin. Sesemangat rombongan SMAN 10 Malang dating keSurabaya. Save water for future……dengan air yang bersih untuk anak cucu, maka kehidupan dibumi kita ini akan terus indah, Salam Environment (Tim GenJo.red)






monggo...kalau mau lihat foto selengkapnya bisa dilihat DISINI

0 komentar:

Posting Komentar