Selamat datang di Blog GenJo SMA Trimurti

Kamis, 01 Desember 2011

Tunas Hijau beserta 20 Besar sekolah Terbaik Eco School Lakukan Aksi Uji Kualitas Air

Air di sebelah Polsek Genteng
 yang dijadikan sampel uji air
“Air........ sumber daya alam yang layaknya sebagai pelengkap kehidupan”. Semua sektor kehidupan bahkan 70 % penyusun kehidupan makhluk hidup terdiri atas air. Atas dasar itulah pelestarian air serta mengkondisikan agar air tetap bersih dan layak pakai adalah sebuah keharusan bagi penghuni alam ini. Pagi ini, jum’at tanggal (25/11) sekitar 20 sekolah yang masuk dalam 20 besar Surabaya Eco School tingkat SMA/SMK/MA berbondong-bondong melakukan uji air secara kimia dan fisika dengan lokasi air sungai di sebelah Polsek Genteng, Surabaya.








Kegiatan ini di mulai dengan pemberian simulasi penggunaan alat.  Meskipun suasana panas matahari yang terik, celah sungai yang sempit, serta bau yang menyengat hal ini tidak mematahkan semangat para pelajar untuk melakukan aksi uji kualitas air. Air sungai yang di uji ini tergolong air yang kurang begitu baik. Yang pertama dalam segi fisik, air agak keruh karena dibuangi limbah domestik secara langsung dari warung-warung serta limbah cair dari sekitar pemukiman penduduk, yang kedua dalam segi biologi tidak banyak biota air yang ditemukan. Hanya beberapa ikan gathul dan beberapa jentik-jentik nyamuk. Yang ke tiga dalam segi kimia, banyaknya busa-busa yang menggenang di atas permukaan air menandakan bahwa adanya kadar detergen yang terlarut  dalam air sungai tersebut. Dengan realita seperti itu maka di perlukan upaya menguji kualitas air secara fisika (turbiditas/kekeruhan, suhu, warna, bau) dan secara kimia (pH, kadar DO). Alat- alat yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain, 2 Termometer kertas (bentuk pendek untuk suhu <120C; bentuk panjang untuk suhu >130C); Tabung pH (ukuran besar); Tabung DO (ukuran kecil); Wadah Fill Line (pengambil sampel air yang akan di uji); Kertas pencocokan warna untuk hasil DO, pH, dan Turbiditas; Kertas Turbiditas; kertas hasil pengamatan/ uji kualitas air. Dan bahan yang di butuhkan antara lain, sampel air yang akan di uji; 1 tablet pH; 2 tablet DO.


Pemaparan Materi oleh Pemadu
dari Tunas Hijau
Adapun prosedur uji air secara fisika dan kimia yang di tuturkan oleh pemandu dari tunas hijau, sebagai berikut langkah pertama, yaitu mengambilan air di dalam wadah penguji air sampai batas Fill Line (penanda pada gelas). “Pengambilan air ini harus berlawanan dengan arus air yang mengalir. “sampel air yang di pilih harus air yang berada di lokasi sungai yang terus mengalir bukan lokasi sungai yang alirannya berhenti”, tegas mas Bram sebagai pemandu kegiatan uji air secara fisika dan kimia. “Pengambilan sampel air ini harus berlawanan arah dengan arah aliran air, hal ini dimaksudkan agar kandungan limbah yang tercampur dalam air dapat terambil bersama air yang mengalir, sehingga kondisi keseluruhan air dalam kali tersebut dapat terwakilkan oleh sampel air yang terambil, begitulah kata mas Bram menambahkan keterangnnya sebagai pemandu kegiatan uji kualitas air ini. Langkah kedua, menyiapkan tabung uji pH, selanjutnya memasukkan air yang telah di ambil tadi ke dalam tabung pH sampai batas 10mL. Langkah ketiga memasukkan 1 tablet uji pH  kedalam tabung pH, kemudian menutup tabung tersebut dan mengocoknya selama 30 detik. 
Alat dan Bahan
Setelah menunggu selama 30 detik, melihat perubahan warna yang terjadi dalam tabung penguji pH. Langkah ke empat, menyiapkan tabung penguji DO yang telah diisi air sungai tersebut. Memasukkan 2 tablet DO ke dalam tabung tersebut, kemudian menutup dan mengocok tabung tersebut selama 4 menit. Kemudian mencocokkan warna air yang berada di dalam tabung DO dengan kertas warna uji DO. Langkah ke lima, air sisa yang berada di tabung Fill Line dimasuki kertas Turbiditas untuk mengetahui  tingkat kekeruhan. Kemudian memasukkan kertas termometer untuk mengetahui suhu yang terdapat dalam air sungai tersebut. Selain itu suhu udara di sekitar juga kita ukur. Selanjutnya semua data di tulis dalam lembar pengamatan uji kualitas air.
Pengambilan Air
Mengguji Kualitas Air
               Uji kualitas air secara fisika dan kimia ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air secara kimia dan fisika di DAS (Daerah Aliran Sungai) yang berada di sekitar tempat tinggal kita. Dengan kita melakukan uji kualitas air ini, kita dapat mengetahui kualitas air yang ada di sekitar kita, apakah layak untuk di konsumsi serta mendorong kita sebagai generasi muda untuk melakukan upaya-upaya pelestarian agar terbebas dari polutan. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan para pelajar-pelajar yang masuk ke dalam 20 sekolah terbaik program Eco School. Hal ini selaras dengan penuturan Desy Rahmawati selaku anggota uji kualitas air dari SMA Trimurti yang mengatakan sangat tertarik dan sangat mau jika diajak melakukan hal yang sama untuk pengujian air sungai di sekitar tempat tinggalnya. Begitu juga dengan Reza,  pelajar dari SMAN 8 Surabaya yang mengaku sangat antusias melakukan uji air secara fisika kimia ini.
Hasil pH yang di dapat
                Kawan, mari bersama satukan langkah, satukan hati! Mari bersama melestarikan air agar air layak untuk dikonsumsi. “Wariskan sumber mata air kepada generasi muda dan jangan wariskan air mata kepada generasi muda”. Save water for future.................(tim GenJo,red)




foto selengkapnya bisa dilihat DISINI

0 komentar:

Posting Komentar