Selamat datang di Blog GenJo SMA Trimurti

Senin, 19 Desember 2011

Yeeahh...Pembuatan Biopori Penangkal Banjir....

Pembuatan lubang biopori
Penghancuran Beton
Ayo rek bikin biopori....daripada bikin lubang galian biasa untuk mengubur sampah basah mending bikin biopori yang memiliki banyak guna. Tidak hanya untuk membantu meresap air hujan, tetapi juga dapat mengurangi penumpukan SOB ( Sampah Organik Basah) dan sebagai penyubur tanah yang dikarenakan SOB yang dimasukkan ke dalam biopori akan mengalami penguraian/fermentasi SOB yang akan menjadi zat tumbuh ( N, O, C, H) yang dibutuhkan tumbuhan. Sehingga dapat di ambil setelah 1-2 bulan yang di jadikan pupuk kompos. 
Dengan begitu GenJo SMA Trimurti tidak mau ketinggalan untuk membuat biopori di lahan SMA Trimurti yang sangat minim ini. Akhirnya tim GenJo membuat biopori pada hari Sabtu (12/18) sesuai perjanjian dengan kepala sekolah boporinya akan dibikin didepan sekolah berdekatan dngan pohon yang berada sebelah pintu masuk ke parkiran. Ternyata pembuatan biopori tidaklah mudah untuk wilayah sekolah yang tidak begitu luas. Pada pembuatan biopori tersebut, tim GenJo sempat terhenti dikarenakan letak yang kami pilih ternyata terhalang oleh beton, dengan terpaksa tim Gen jo hars menggunakan linggis untuk menghancurkan beton tersebut.
Pemberian SOB
penutupan dengan kasa
Kerja keras GenJo yang penuh dengan keringat dan memghabiskan tenaga akhirnya mmbuahkan hasil, lubang bioporinya jadi. kemudian kami masukkan pipa sepanjang 100cm dgengan lebar 10cm. Setelah pipa dimasukkan, kami masukkan sampah organik basah yang kemudian kami tutup dengan kasa agar air hujan bisa masuk langsung ke lubang biopori yang akan mempercepat penguraian sampah organik basahnya. (GenJo red)

foto selengkapnya dapat dilihat di SINI

0 komentar:

Posting Komentar